10 Artis Dangdut Terkenal Jawa Timur

Ketika era Dangdut Koplo booming dan menasional, banyak sekali artis Dangdut pendatang baru yang muncul dan terkenal yang berasal dari Jawa Timur, baik itu artis yang levelnya nasional ataupun lokal tapi memiliki fans fanatik yang tersebar di penjuru tanah air.

10 Artis Dangdut terkenal Jawa Timur

Berikut ini beberapa artis Dangdut terkenal yang berasal dari Jawa Timur :

1. Inul Daratista

Inul adalah artis Dangdut ibu kota yang paling berjasa mengantarkan genre Koplo ke level nasional (Indonesia). Sebelumnya, aliran yang awalnya muncul dari Jawa Timur ini sifatnya hanya lokal saja. Ketika kontroversi goyang ngebor dengan dengan iringan musik dan lagu-lagu Dangdut Koplo mencuat di tengah-tengah masyarakat, dan bahkan pernah mendapat kecaman dari berbagai pihak dengan munculnya Dangdut Koplo, namun kontroversi itu justru mengangkat genre baru tersebut. Dan kecaman itu sepertinya tidak mempan untuk mereka yang tetap mendukung (pro) terhadap munculnya koplo dan tetap menjadi bagian dari Dangdut itu sendiri.

Alhasil, berkat kontroversi itulah, Dangdut koplo semakin berkibar di Indonesia, dan menurut catatan google, lagu-lagu populer 2013 -  2014 yang paling banyak dicari oleh netizen (pengguna internet) adalah yang bercorak koplo seperti Oplosan dan Aku Rapopo. Selain mengangkat popularitas koplo, Inul Daratista sendiri menjadi salah satu artis Dangdut terkenal ibu kota yang berasal dari Jawa Timur.

2. Uut Permatasari

Bersama Inul, Uut yang waktu itu juga mengandalkan Goyang Ngecornya, berjuang untuk mengangkat popularitas Dangdut koplo. Album perdana yang bertajuk Putri Panggung cukup sukses di pasaran dan mengantarkannya ke gerbang kesuksesan dan menjadi salah satu artis Dangdut terpopuler dari Jatim. Meski saat ini meredup, namun saya yakin mayoritas masyarakat Jawa Timur atau masyarakat Indonesia pada umumnya tetap mengenal artis ini.

3. Dewi Perssik

Setelah Inul dan Uut sukses menjadi artis ibu kota, Dewi Persik pun menyusulnya. Album berjudul Bintang Pentas juga cukup sukses di pasaran, terutama bagi para pecinta Dangdut. Sekalipun lagu tersebut tidak 100 % bercorak Dangdut Koplo, setidaknya ini sebagai pertanda kesuksesan artis berbody seksi ini setelah menembus dapur rekaman.

Pernikahan dan sekaligus perceraiannya dengan Syaiful Jamil juga menjadi nilai tambah dalam mendongkrak popularitas artis Dangdut yang juga terkenal jago akting ini. Depe, bahkan pernah mengalahkan popularitas kedua artis di atas dengan berbagai isu dan kontroversi yang menimpanya. Puncaknya adalah perseteruannya dengan Julia Perez yang semakin mendongkrak popularitasnya, meskipun rela atau tidak ia harus menerima akibatnya dengan menjadi narapidana selama beberapa bulan. 

4. Ikif Khawazima

Bermula dari panggung ke panggung lokal dari kota ke kota sebagaimana yang pernah dialami oleh Inul, Uut, dan Dewi Persik, Ikif mencoba peruntungannya menjadi artis Ibu Kota dengan cara yang berbeda dari ketiga artis Dangdut terkenal Jawa Timur di atas. Ya, ia dengan lebih elegan memilih cara untuk mengikuti kontes Dangdut Academy di tahun 2014.

Tidak sia-sia, sekalipun gagal menjadi pemenang atau juara, namun aksi-aksi 'kontroversial' yang dinilai 'lebay' oleh masyarakat saat mengikuti kontes Dangdut Academy justru mengantarkannya ke gerbang kesuksesan menjadi artis Dangdut ibu kota dari Jawa Timur yang cukup terkenal hingga saat ini.

5. Via Vallen

Artis Dangdut ini memang belum bisa dikatakan sebagai artis ibu kota dan mungkin terkenalnya belum bisa dikatakan menasional (karena jarang muncul di layar kaca), namun, jumlah penggemar fanatiknya bisa dikatakan mampu mengalahkan artis-artis Dangdut ibu kota yang lain. Ya, Via Vallen memiliki penggemar yang tergabung dalam Vianisty.

Sungguh patut diacungi jempol. Mungkin baru kali ini terjadi selama Dangdut lahir, kalau ada artis Dangdut lokal yang memiliki fans yang jumlahnya menasional. Saya sendiri berharap, Via Vallen menjadi artis Dangdut ibu kota dan sering muncul di layar kaca, agar vianisty yang tersebar di penjuru nusantara ini secara langsung melihat artis idolanya, tanpa harus menunggu VCD atau video yang diunggah di internet.

Hingga saat ini, saya mencatat ada sekitar ratusan lagu yang dinyanyikan oleh Via Vallen dan pernah saya posting di koleksi lengkap lagu Koplo Via Vallen

6. Lilin Herlina

Lilin juga bisa dikatakan hampir senasib dengan Via Vallen. Bahkan dalam kacamata saya, artis ini sebenarnya lebih terkenal dulu dibandingkan Via Vallen dan Ikif Khawazima. Ia terkenal karena kualitas vokalnya yang begitu indah didengarkan, gaya panggung dan kostumnya yang anggun, dan keramahannya terhadap penggemarnya. Meskipun dalam hal jumlah mungkin masih kalah sama Via, namun ia memiliki jumlah fans yang juga cukup banyak.

Hingga saat ini, Lilin Herlina sudah mengkoleksi 425 lagu dan mungkin lebih yang pernah dipentaskan bersama grup koplo, baik yang dipentaskan secara solo atau duet (feat). Saking banyaknya lagu yang dinyanyikan itulah yang membuat Lilin Herlina sejajar dengan artis Dangdut terkenal asal Jawa Timur lain.

7. Wiwik Sagita

Ketika lagu Oplosan sering dipentaskan oleh Soimah di program YKS Trans TV saat itu, banyak yang belum tahu, siapa sebenarnya penyanyi asli dari lagu karya cipta Nurbayan tersebut. Ya, dia adalah Wiwik Sagita yang beberapa waktu lalu meraih penghargaan dalam program penghargaan bagi insan Dangdut, MNCTV Dangdut award sebagai pemenang lagu Dangdut paling populer di tahun 2014 mengalahkan Sakitnya Tuh Di Sini koleksi Cita Citata. Sejak muncul di TV dan berkat penghargaan itulah, Wiwik Sagita menjadi salah satu artis Dangdut terkenal asal Jawa Timur.

8. Eny Sagita

Namanya juga pernah terkenal sebagaimana Lilin, Via Vallen, dan Wiwik Sagita. Yang membuatnya terkenal adalah karena suara khasnya ketika membawakan lagu-lagu campursari koplo model Djandut, yang dimulai dari album Ngamen 1 hingga Leren Ngamen, dan lagu-lagu koplo campursari model Djandut lainnya. Sejak itulah nama Eny Sagita menjadi sosok artis dan penyanyi Dangdut terkenal dan populer. Perlu sobat ketahui, bahwa aliran Djandut ini sedikit berbeda dengan aliran koplo. Ya aliran Djandut atau jaranan Dangdut ini diinsipirasi oleh musik Jathilan atau Kuda Lumping yang kemudian dipadukan dengan musik Dangdut. Temponya tidaklah serancak aliran koplo. OM Sagita yang juga berasal dari Jawa Timur adalah yang pertama mempopulerkan aliran ini.

9. Sodik Monata

Mungkin untuk saat ini, Sodik adalah penyanyi Dangdut pria yang paling terkenal di Jawa Timur. Suaranya yang khas, serak-serak basah, cocok untuk menyanyikan lagu dari genre apapun (Rock, Pop, Reggae, Campursari, Dangdut klasik) dengan penampilan dan gaya rambut yang berbeda dari kebanyakan penyanyi atau artis Dangdut pria terkanal dan populer lainnya, bahkan untuk level ibu kota sekalipun.

Sodik juga merupakan sosok yang sangat penting bagi keeksisan grup yang mengantarkannya pada popularitasnya sekarang, yaitu MONATA. Meskipun ia tidak mempunyai komunitas penggemar secara pribadi sebagaimana Vianisty, namun jumlah penggemar fans Monata atau yang terkenal dengan Monatamania bisa dikatakan cukup banyak untuk sebuah grup Dangdut lokal seperti SERA, New Pallapa, Sagita dll. Sudah banyak sekali koleksi lagu Sodiq Monata, seiring dengan begitu seringnya ia pentas bersama Monata dan beberapa grup lain.

10. Nella Kharisma

Nella Kharisma merupakan penyanyi Dangdut Koplo yang terkenal dan populer sejak lagu yang dirilisnya JARAN GOYANG hits dan sukses di pasaran. Nella Kharisma bisa dikatakan artis Dangdut yang terkenal berkat lagu yang dirilisnya bukan karena ciri khas goyangnya seperti Inul Daratista, Dewi Perssik dan lainnya.

Sebenarnya banyak artis Dangdut terkenal asal Jawa Timur lainnya saat ini yang mungkin lebih populer di bandingkan yang sudah tertulis di atas. Namun, saya memasukkan nama-nama artis Dangdut terkenal tersebut pada waktu itu yang memang sedang naik daun.

Mungkin nama seperti Tasya Rosmala, Jihan Audy, Ratna Antika dan Rena KDI juga layak masuk dalam daftar tersebut.
Tag :

4 komentar

memang suaranya handal tu smuanya

lilin Herlina dan via Vallen top deh ... semoga lancar manggung2

yang paling saya suka adalah niken ira. suaranya lembut orangnya manis.minta profilnya dong

Back To Top