Daftar Lagu Rhoma Irama Mp3 Dalam Soundtrack Film

Diantara kumpulan lagu Rhoma Irama dari semua album, salah satunya ada lagulagu yang digunakan dalam soundtrack film yang beliau bintangi sendiri sejak film pertama diluncurkan pada 1976/1977 yang berjudul Penasaran.

Mulai saat itulah, banyak lagu beliau yang menjadi OST (original soundtrack) dalam setiap film-film berikutnya. Ada lagu duet, ada pula yang solo, baik dinyanyikan oleh bang haji sendiri atau pasangan dalam film tersebut.

Seperti kita ketahui, bahwa selain terjun sebagai seniman musik Dangdut, Rhoma Irama juga menjadi bintang film atau aktor dalam beberapa soundtrack film yang pernah ada. Jelas, salah satu tujuannya adalah untuk semakin mempopulerkan lagu-lagu karyanya.

Terlebih ketika di zaman orde baru, di mana lagu-lagu beliau dilarang ditampilkan di media televisi satu-satunya di Indonesia saat itu, TVRI dan juga radio-radio di seluruh Indonesia. Entah apa alasannya. Ada yang mengatakan kalau musik Dangdut itu bukan budaya bangsa Indonesia, sehingga pemerintah melarang untuk memasukan unsur gendang dan drum dalam musik Dangdut itu sendiri.

Ada pula yang mengatakan kalau lagu Rhoma yang berjudul Indonesia, terlalu pedas untuk didengarkan oleh pemerintah, karena bertemakan korupsi. Ada juga yang berpendapat adanya unsur politik, di mana bang haji yang menjadi partisan parpol PPP sebagai jurkam, berhasil mengalahkan Golkar di DKI.

Kumpulan lagu Soundtrack Film Rhoma Irama

Alhasil, Rhoma Irama dilarang tampil di TVRI dan lagu-lagunya pun dilarang diputar oleh media tersebut dan juga radio-radio baik swasta ataupun nasional. Hal ini jelas berakibat buruk terhadap penjualan kaset-kasetnya.

Penggemarpun seolah dibuat 'buta' oleh pemerintah saat itu, karena tidak tahu apa saja lagu terbaru bang haji. Oleh karenanya, beliau mencari jalan pintas dengan menekuni dunia barunya sebagai pemain film yang dibintangi oleh beliau sendiri sebagai jalan untuk mempromosikan dan sekaligus mempopulerkan album atau lagu-lagu terbarunya.

Hal ini mungkin karena beliau terinspirasi film-film Bollywood (India) yang mayoritas menampilkan lagu-lagu dalam setiap filmnya. Tak heran jika saat ini, cara seperti itu bisa menjadikan sebuah lagu terkenal atau semakin populer, seperti single Sakitnya Tuh Di Sini, koleksi Cita Citata yang menjadi OST Sinetron Diam Diam Suka.

Untuk lagu-lagu duet, pasangan beliau sebagai penyanyi lypsing dalam soundtrack filmnya, ada beberapa nama aktris yang terkenal. Misalnya Yati Octavia, Rica Rachim (isteri beliau sekarang), Camelia Malik dan Ida Iasha.

Lagu-lagu duet yang dinyanyikan secara lypsing oleh pasangan Rhoma dalam soundtrack filmnya ini diambil dari beberapa koleksi lagu dangdut rekaman yang diisi oleh penyanyanyi, seperti, Rita Sugiarto, Riza Umami dan Noer Halimah, Elvy Sukaesih.

Sementara untuk lagu solo, jelas dinyanyikan secara lypsing oleh beliau sendiri. Selain itu ada beberapa lagu yang hanya jadi backsound saja, alias tidak dinyanyikan secara lypsing dalam filmnya.

Download Kumpulan lagu Rhoma Irama Mp3 Full album
Download koleksi lagu Duet mp3 Rhoma Irama lengkap

Apa saja lagu-lagu Rhoma Irama yang ada dalam soundtrack film yang beliau bintangi sendiri, berikut ini daftar lagunya beserta judul filmnya :

Daftar lagu Rhoma Soundtrack Film Penasaran 

Daftar lagu RhomaIrama  STF Darah Muda

Daftar Lagu Rhoma Irama Soundtrack film Berkelana I 

Daftar lagu Rhoma Irama Soundtrack Film Berkelana 2

Daftar lagu Rhoma Irama Soundtrack film Camelia

Daftar lagu Rhoma Irama Soundtrack film Pengabdian

Daftar lagu Rhoma Irama Soundtrack film Nada-nada Rindu

  • Hatimu Hatiku - Download - (Rhoma feat Riza Umami)
  • Dasi dan Gincu - Download - Rhoma ft Ria Umami
  • Mera dan Yu - Download - Rhoma ft Riza Umami
  • Deritamu Deritaku - Download - Rhoma ft Riza Umami
  • Judi - Download 
  • Jera (Riza Umami), dinyanyikan secara lypsing oleh Camelia Malik
  • Roda Kehidupan - Download
  • Zulfikar - Download

Daftar lagu Rhoma Soundtrack film Tabir Biru

Itulah daftar lagu Dangdut koleksi Rhoma Irama versi OST yang terdapat di masing-masing film. Sebenarnya masih banyak yang lain, namun ketujuh film yang ada di posting ini sudah mewakili pasangan bang haji, baik dalam film itu maupun lagu aslinya. Untuk film, sudah ada wakil Yati Octavia, Rica Rachim, Camelia Malik dan Ida Iasha dan untuk lagunya sudah mewakili Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Riza Umami dan Noer Halimah
Sekian dulu posting hari ini, semoga bermanfaat.

4 komentar

koreksi mas,..
Puing-Puing (penyanyi asli : Rhoma feat Noer Halimah), dinyanyikan lypsing oleh Bang Haji dan Rica Rachim dalam film ini
ini lypsing bersama cintami atmanegara,..bukan rica
lagu favorit saya soalnya,..hehe

Yup anda benar...terimakasih atas koreksi dan perhatiannya, sebenarnya saya juga sudah sering nonton film tersebut, tapi entah kenapa otak saya terbawa ke nama Rica Rachim..hehe...

Ada satu lagu yg tak ada di film berkelana dua, yg judulnya aku tak tau yg dinyanyika rita sugiarto lifsting yati octavia, lagunya banyaan kenapa.

Makasih uda kasih info nya yg jelas salam kenal dari cirebon

Back To Top