Seputar Blog Dangdinkdut

Daftar koleksi lagu dangdut koplo dan lawas lengkap

Koleksi Dangdut Lengkap

Seputar Blog Dangdinkdut

Blog Dangdinkdut adalah blog yang berisi seputar koleksi lagu Dangdut yang terdiri dari dua bagian utama. Pertama berisi koleksi lagu bernuansa Dangdut koplo dan yang kedua koleksi lagu Dangdut lawas original.
Untuk selengkapnya, akan saya rinci menjadi beberapa bagian di bawah ini

Gambaran umum seputar blog Dangdinkdut

Koleksi Lagu Dangdut Koplo

Koleksi Lagu-lagu Koplo yang pernah dipentaskan oleh grup koplo terkenal baik terbaru atau koleksi lama (ketika grup dengan aliran koplo ini mulai populer). Jenis lagunya yang bisa didownload pun berasal dari beberapa macam genre yang sudah ada sebelumnya. Artinya lagu yang berasal dari daur ulang genre yang sudah ada seperti Dangdut asli, Pop, berasal dari grup band, campursari, disco dan sebagainya.

Adapun koleksi lagu koplo ini diambil dari pentas-pentas grup koplo terkenal seperti OM.Sera, New Pallapa, Monata, Sagita, Sonata, New Cobra dan lain sebagainya. Untuk pembagian kategorinya sebagai berikut

1. Daur Ulang Dangdut Asli

Grup koplo jawa timur seperti yang sudah saya sebutkan di atas sering mementaskan lagu-lagu Dangdut lawas original, baik yang terkenal atau pun tidak yang kemudian dikomposisi ulang menjadi  Dangdut koplo. Lagu yang dipentaskan sebenarnya sudah pernah diluncurkan, terutama dalam bentuk album. Contoh lagu di kategori ini adalah sebagai berikut :

  1. Kereta Malam
  2. Menunggu
  3. Kehilangan
  4. Zainal
  5. Payung Hitam
  6. dan sebagainya
Tembang-tembang di atas adalah beberapa contoh lagu yang pernah diluncurkan sebelum lahirnya aliran atau genre koplo. Masih banyak contoh tembang dengan kategori tersebut. Yang jelas lagu-lagu dengan kategori ini pernah diluncurkan dalam album (kaset) secara resmi oleh penyanyi atau artis Dangdut ibukota seperti Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Evie Tamala, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Mansyur S, Caca Handika, Jhoni Iskandar, Hamdan ATT, Meggy Z, Imam S Arifin dll.

2. Campursari (Dangdut)

Genre ini juga lahir sebelum koplo. Pencetus atau pempuler genre ini adalah Manthous (alm). Tembang koleksi campursari yang nanti bisa didownload juga dalam bentuk koplo yang pernah dipentaskan oleh grup koplo terkenal asal Jawa Timur. Artis-artis yang menjadi bintang di genre ini seperti Didi Kempot, Cak Diqin, Nurhana, Sony Joss, Manthous dan sebagainya. Contoh tembang dalam kategori ini sebagai berikut :
  1. Wedhus
  2. Mendem Kangen
  3. Ngidam Penthol
  4. Jambu Alas
  5. Sewu Kutho
  6. Dan sebagainya
Tembang-tembang di atas ketika awal peluncurannya tidaklah berirama koplo seperti yang kita dengarkan saat ini. Ada yang berasal dari campursari langgam asli (Manthous, Sunyahni dll) dan ada yang bernuansa campursari dangdut seperti yang banyak dilagukan oleh Didi Kempot, Cak Diqin, Nurhana dll. Sementara lagu seperti Pokoke Joget dan Oplosan tidak menjadi bagian dari kategori ini karena memang sejak diluncurkan tembang tersebut sudah dalam bentuk Dangdut Koplo, sekalipun lirik atau syairnya berbahasa jawa.

3. Tembang POP (kenangan), Alternative, Reggae, Disco, Remix dan Grup Band

Kategori terakhir adalah lagu-lagu yang berasal dari pop kenangan, reggae, disco, remix, house, dan impor dari grup band terkenal seperti Wali, ST 12, Ungu dan sebagainya. Kategori ini juga nantinya termasuk lagu-lagu dari Malaysia dan juga negara lain dengan syair atau lirik berbahasa inggris. Contoh lagunya sebagai berikut
  1. Don't Worry
  2. Teluk Bayur
  3. Cari Jodoh
  4. Suci Dalam Debu
  5. Mapala (Mama Papa Larang)
  6. Selimut Tetangga
  7. dll
Daftar di atas adalah contoh-contoh tembang yang kemudian iramanya dirubah menjadi koplo dan dipentaskan atau di repro oleh grup dan penyanyi kondang jawa timur seperti Via Vallen, Dian Marshanda, Lilin Herlina, Sodik Monata, Brodin, Gery Mahesa dan sebagainya.

Koleksi Dangdut Lawas Original

Selain menyajikan tembang bernuansa koplo, blog ini juga akan dilengkapi dengan koleksi lagu Dangdut lawas original. Hal ini saya lakukan agar menjadi pemahaman bagi mereka (khususnya penggemar baru) bahwa lagu yang pernah didengarkan dalam irama koplo itu ada sumber aslinya (ketika pertama kali diluncurkan). Sehingga tidak akan terjadi adanya anggapan bahwa tembang-tembang yang mereka dengarkan itu asli dalam bentuk koplo yang pernah dipentaskan oleh grup koplo terkenal itu adalah koleksi aslinya dari New Pallapa, Sera, Monata, Brodin, Sodik, Via Vallen dan sebagainya.

Koleksi lagu Dangdut jadul asli ini saya sumberkan dari artis-artis Dangdut Ibu Kota terkenal seperti Rhoma Irama, Elvie Sukaesih, Rita Sugiarto, Evie Tamala, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Imam S Arifin, Mansyur S, Meggy Z, Mega Mustika, Caca Handika, Jhoni Iskandar, Yus Yunus, Anis Fitria, Yunita Ababil, Itje Trisnawati, dan masih banyak yang lainnya.

Itulah gambaran umum seputar blog Dangdinkdut. Saya berharap dengan hadirnya blog ini bisa menjadi motivasi, inspirasi dan juga sekaligus sebagai jembatan bagi anda untuk mencari tembang-tembang bernuansa koplo dan juga untuk menjadi wawasan bagi mereka yang belum tahu lagu-lagu lawas yang sebenarnya sudah terlebih dahulu diluncurkan sebelum lahirnya koplo.

Itulah gambaran umum seputar blog Dangdinkdut ini. Jika ingin mendapatkan lagu yang berkualitas, silakan beli nada I-ring, NSP atau beli kaset/vcd original, agar mereka tetap bisa berkarya, sehingga Dangdut menjadi bagian budaya nusantara yang patut untuk dilestarikan. Download link di sini hanya sekedar membantu promosi lagu saja, sehingga kualitasnya pun masih jauh dibandingkan dengan membeli kaset, VCD/DVD original

Back To Top